Kamis, 05 Februari 2015

SOAL SOSIOLOGI X SMA "PERILAKU MENYIMPANG"


SOAL

1.      Jelaskan yang dimaksud dengan penyimpangan perilaku !
2.      Sebutkan proses pembentukan perilaku menyimpang !
3.      Sebutkan jenis-jenis perilaku menyimpang!
4.      Apa penyebab dari perilaku menyimpang?
5.      Benarkah dengan adanya penyimpangan perilaku di masyarakat ada fungsi positifnya? Jelaskan !
6.      Apa pengertian dari penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder?
7.      Jelaskan ciri-ciri penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder !
8.      Sebutkan pengertian dan contoh dari adaptasi inovasi !
9.      Berilah contoh dari perilaku menyimpang !
10.  Bagaimana cara mencegah penyimpangan social?

  JAWAB
1.      Perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai atau norma dalam masyarakat, baik dalam sudut pandang kemanusiaan secara individu maupun pembenarannya sebagai bagian daripada makhluk sosial.

2.      Faktor biologis, Faktor psikologis, Faktor Sosiologis

3.      Berdasarkan jumlah individu yang terlibat, Penyimpangan yang berdasarkan jangka waktu tertentu, berdasarkan kadar penyimpanganya.

4.       Memiliki dua factor yaitu:
 a.       Faktor subjektif adalah faktor yang berasal dari seseorang itu sendiri (sifat pembawaan yang dibawa sejak lahir).
 b.      Faktor objektif adalah faktor yang berasal dari luar (lingkungan). Misalnya keadaan rumah tangga, seperti hubungan antara orang tua dan anak yang tidak serasi.

5.    Penyimpangan primer   : Penyimpangan yang bersifat temporer atau sementara dan hanya menguasai sebagian kecil kehidupan seseorang.
                   Penyimpangan sekunder: Perbuatan yang dilakukan secara khas dengan memperlihatkan                     perilaku menyimpang. Sehingga akibatnya juga cukup parah serta mengganggu orang lain.

6.      Ya benar, karena Perilaku minoritas yang tidak sejalan dengan perilaku mayoritas masyarakat tersebut dikategorikan juga sebagai bentuk penyimpangan, akan tetapi termasuk penyimpangan positif. Dengan demikian, penyimpangan positif adalah penyimpangan yang terarah pada nilai-nilai sosial yang ideal (didambakan) walaupun cara atau tindakan yang dilakukan tersebut seolah-olah kelihatan menyimpangan dari norma-norma yang berlaku, padahal sebenarnya adalah tidak menyimpang. Contoh : emansipasi wanita dalam kehidupan masyarakat yg memunculkan wanita karir.

7.      Ciri-ciri penyimpangan primer              :
a.       bersifat sementara,
b.      gaya hidupnya tidak didominasi oleh perilaku menyimpang
c.       masyarakat masih mentolerir/menerima.
         Ciri-ciri penyimpangan sekunder         :
a.       gaya hidupnya didominasi oleh perilaku menyimpang
b.      masyarakat tidak bisa mentolerir perilaku menyimpang tersebut.

8.    perilaku seseorang mengikuti tujuan yang ditentukan masyarakat. Akan tetapi ia memakai cara yang dilarang oleh masyarakat. Contoh: seorang siswa yang ingin mendapatkan nilai matematika bagus melakukan berbagai cara, seperti mencontek saat ujian. Nilai bagus merupakan tujuan yang ditentukan oleh masyarakat, sedangkan mencontek merupakan cara yang tidak dibenarkan oleh masyarakat.

9.   Penyalah gunaan narkoba,tawuran pelajar, free sex, alkoholisme, Crimes without victims, Organized crime, white-collar crime, corporate crime.

10.   
Keluarga
Keluarga merupakan awal proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian seorang anak. Kepribadian seorang anak akan terbentuk dengan baik apabila ia lahir dan tumbuh berkembang dalam lingkungan keluarga yang baik begitu sebaliknya.

Lingkungan tempat tinggal dan teman sepermainan
Lingkungan tempat tinggal juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang untuk melakukan penyimpangan sosial. Seseorang yang tinggal dalam lingkungan tempat tinggal yang baik, warganya taat dalam melakukan ibadah agama dan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik maka keadaan ini akan memengaruhi kepribadian seseorang menjadi baik sehingga terhindar dari penyimpangan sosial dan begitu juga sebaliknya.

Media massa

Media massa baik cetak maupun elektronik merupakan suatu wadah sosialisasi yang dapat mempengaruhi seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Langkah pencegahan agar tidak terpengaruh akibat media massa adalah apbila kamu ingin menonton acara di televisi dengan memilih acara yang bernilai positif dan menghindari tayangan yang dapat membawa pengaruh tidak baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com